"Manajemen insiden dan permintaan layanan"
NAMA : MUAHAMAD SYAHRUSSAUM NUGROHO
NPM/KELAS : 10120680/2KA23
MAPEL : Manajemen Layanan Sistem Informasi
TUGAS M12
"Manajemen insiden dan permintaan layanan"
Apa Itu Incident Management?
secara sederhananya, incident management adalah
proses dari IT service management atau biasa disingkat menjadi ITSM. Proses ini lebih berfokus untuk memperbaiki kinerja
layanan IT sebuah organisasi atau perusahaan dalam waktu secepat mungkin agar
bisa kembali normal. Dalam artian lain, proses ini mengelola gangguan layanan
yang terjadi dalam IT serta memperbaiki gangguannya.
Hal ini diberlakukan supaya tidak mengganggu jalannya
bisnis. Pasalnya, gangguan IT tidak bisa kita hindari saat berlangsungnya
kegiatan bekerja di kantor. Baik itu saluran telepon, data komputer, atau
gangguan-gangguan IT lainnya bisa menyebabkan pekerjaan jadi tertunda. Incident
management juga terkadang disebut sebagai ticketing management, call
management, atau request management.
Dalam prosesnya, biasanya incident management akan
dikelola oleh tim IT di suatu perusahaan. Kendati demikian, ada beberapa
perusahaan yang menggunakan jasa seorang incident manager untuk
menangani proses ini.
Manfaat Incident Management dalam
Perusahaan
manfaat dari incident management dalam
sebuah perusahaan:
Dilansir dari Fresh
Service, berikut manfaat yang didapatkan dari bisnis jika menerapkan proses
ini:
- operasi bisnis menjadi lancar
- tingkat produktivitas karyawan jadi meningkat
- mempertahankan tingkat layanan serta konsistensi
- mencegah adanya gangguan yang lebih besar
- memberikan kepuasan kepada pelanggan dan karyawan
Tugas dan Tanggung Jawab
Dilansir dari Job Hero, berikut tugas dan tanggung jawabnya dalam
perusahaan:
1. Memberikan dukungan kepada karyawan dan pelanggan
Profesi ini pada umumnya dipekerjakan di bawah
departemen IT.
Tugas utamanya yang paling penting adalah memberikan
dukungan teknis kepada karyawan dan pelanggan.
Dalam pekerjaannya, biasanya incident
manager akan membangun tim teknis, kemudian mengawasi masalah apa saja
yang diadukan kepada karyawan dan pelanggan terkait TI.
2. Menyusun laporan insiden
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, incident
management tidak akan jauh-jauh dengan mengelola insiden yang terjadi
dalam perusahaan.
Dengan begitu, ia harus mencatat dan menyimpan semua
insiden yang terjadi dalam perusahaan.
Hal tersebut dilakukan guna memudahkannya dalam
melacak serta mengurangi insiden yang terjadi dalam perusahaan.
3. Menerapkan prosedur yang efektif
Incident manager juga bertanggung jawab untuk
mengembangkan prosedur dan kebijakan yang akan digunakan oleh tim dukungan
teknis.
Nantinya, profesi ini akan memberikan prosedur yang
efektif di berbagai bidang agar mengurangi terjadinya kegagalan layanan dan
ancaman keamanan cyber.
Selain itu, ia juga akan memberikan pelatihan kepada
tim IT.
Skill yang Harus Dimiliki
ada beberapa skill yang harus diperhatikan
sebelum menangani incident management dalam perusahaan:
1. Problem solving
Untuk menyelesaikan semua masalah serta gangguan yang
ada, incident manager harus menguasai skill problem
solving yang mumpuni.
Sebab, bisa saja dalam satu hari ada banyak insiden
yang harus diatasi. Jika tidak memiliki skill ini, dipastikan akan
sulit untuk melakukan incident management.
2. Manajemen waktu
Selain problem solving, skill manajemen
waktu juga penting untuk dikuasai.
Pasalnya, profesi ini harus dengan cepat menyelesaikan
insiden yang terjadi sesuai dengan kesepakatan dengan karyawan lain yang sedang
membutuhkan.
Oleh karena itu, ia harus pandai dalam mengatur waktu
supaya dapat menyelesaikan masalah demi masalah dengan baik, tidak terlalu
lama.
3. Teknologi
Dikarenakan tidak akan jauh-jauh dari teknologi,
profesi ini juga harus menguasai teknologi yang ada di perusahaan.
Entah itu software,
hardware, atau bahkan hanya sekadar mengoperasikan Microsoft Words dan Excel.
4. Komunikasi
Incident manager akan berkolaborasi dengan banyak
orang dalam suatu perusahaan. Entah kepada tim IT atau bahkan dengan departemen
lainnya.
Oleh karena itu, skill komunikasi juga
penting untuk dikuasai agar dapat menyampaikan kepada orang dengan jelas dan
detail.
Apa itu Permintaan Layanan?
Permintaan layanan adalah permintaan formal yang
dibuat oleh pengguna kepada penyedia layanan untuk memberi mereka dukungan,
informasi yang relevan, atau tindakan yang akan membantu mereka dalam proses
bisnis rutin.
Seorang pengguna dapat mengajukan berbagai jenis
permintaan layanan. Ini mungkin permintaan langsung untuk bantuan, informasi,
atau persetujuan. Contohnya termasuk mengirimkan permintaan layanan untuk
mengatur ulang kata sandi, mengakses lisensi perangkat keras atau perangkat
lunak, mengganti biaya, atau meningkatkan ke versi terbaru perangkat lunak.
Apa itu Manajemen Permintaan Layanan?
Manajemen permintaan layanan mengacu pada prosedur dan
alat yang menawarkan platform layanan mandiri untuk semua departemen dalam
suatu organisasi untuk menerima, melacak, menanggapi, dan menutup beberapa
permintaan layanan dari pelanggan dan karyawan. Akibatnya, manajemen permintaan
layanan meningkatkan produktivitas meja layanan, meningkatkan kepuasan
pelanggan (CSAT) dan merampingkan proses operasional.
Manajemen permintaan layanan dikaitkan dengan, tetapi
berbeda dari proses manajemen layanan lainnya seperti manajemen insiden, manajemen
masalah, dan manajemen perubahan. ITIL menyatakan bahwa proses pemenuhan
permintaan layanan mengelola permintaan layanan selain meja layanan.
Apa itu Pemenuhan Permintaan?
Pemenuhan permintaan adalah proses mengelola semua
permintaan layanan sepanjang siklus hidupnya. Ini tentang memberdayakan
pengguna dengan memberi mereka akses ke layanan yang mereka butuhkan dalam
operasi sehari-hari mereka. Ini harus membantu pengguna dalam mengidentifikasi
layanan yang tersedia, memahami cara memintanya, dan menetapkan harapan yang
tepat tentang berapa lama permintaan akan dipenuhi.
Proses Manajemen Permintaan Layanan
Metode lima langkah digunakan untuk proses manajemen
permintaan layanan; mari kita lihat mereka:
Permintaan Layanan Diajukan: Seorang pengguna mengajukan
permintaan layanan di portal layanan.
Permintaan Layanan Ditugaskan: Permintaan layanan
dialokasikan ke teknisi meja layanan yang sesuai.
Permintaan Layanan Dinilai: Teknisi meja layanan
menilai permintaan menggunakan proses kualifikasi dan persetujuan reguler. Jika
perlu, mereka dapat meminta persetujuan bisnis atau keuangan.
Permintaan Layanan Terpenuhi: Teknisi meja
layanan menangani permintaan layanan atau meneruskannya ke tim yang tepat yang
dapat memenuhinya.
Permintaan Layanan Ditutup: Teknisi menutup tiket
setelah permintaan layanan diselesaikan. Teknisi kemudian menindaklanjuti
dengan pengguna untuk memverifikasi bahwa mereka puas dengan hasilnya.
Organisasi yang menerima permintaan dukungan dalam
jumlah besar harus menerapkan perangkat lunak Meja Layanan TI untuk memisahkan
manajemen permintaan layanan dari insiden, masalah, dan proses manajemen perubahan.
Mengapa Manajemen Permintaan Layanan itu
penting?
Beberapa alasan utama mengapa manajemen permintaan
layanan sangat penting untuk bisnis apa pun meliputi:
Meningkatkan penyampaian layanan dan meningkatkan
kepuasan pelanggan
Menjamin waktu henti minimum dan gangguan bisnis
Mengurangi risiko layanan dan proses yang salah atau
tidak memadai
Memastikan produktivitas bisnis
Meningkatkan efisiensi tim TI
Praktik Terbaik untuk Manajemen Permintaan Layanan
Manajemen permintaan layanan memungkinkan pengguna
untuk meminta bantuan dengan akses layanan mandiri yang mudah; menawarkan
solusi menggunakan saran basis pengetahuan dan mempercepat pemenuhan permintaan
layanan untuk memberikan layanan terbaik sambil menghindari waktu henti.
Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk
mengevaluasi prioritas manajemen permintaan layanan secara efisien dan
menyederhanakan proses manajemen permintaan layanan Anda.
Kenali pentingnya setiap permintaan: Pengguna
yang meminta layanan harus menentukan signifikansi setiap permintaan dengan
menyatakan mengapa mereka mengajukannya. Mengetahui konteks ini dari sudut
pandang pengguna sangat penting bagi tim meja layanan untuk menentukan
persyaratan prioritas.
Bedakan permintaan dari insiden: Seperti yang
dinyatakan sebelumnya, permintaan layanan adalah untuk kebutuhan dukungan
sehari-hari versus insiden, yaitu untuk gangguan sistem yang signifikan dan
tidak terduga. Sistem yang ada harus dengan mudah membedakan antara keduanya,
atau pola permintaan layanan harus diidentifikasi untuk menyarankan masalah
yang lebih kritis.
Promosikan layanan mandiri di pengguna: Beberapa
masalah berprioritas rendah dapat dihindari dengan memungkinkan pengguna
memanfaatkan sumber daya swalayan seperti basis pengetahuan yang berisi artikel
solusi, FAQ, tutorial, dll., yang dapat membantu mereka menyelesaikan kueri
sendiri. Akibatnya, tim meja layanan TI akan melihat penurunan volume tiket.
Manfaatkan otomatisasi untuk menangani tugas yang
berulang: Otomatisasi otomatisasi untuk menangani berbagai permintaan
secara otomatis. Permintaan untuk mengatur ulang kata sandi, misalnya, mungkin
ditangani oleh sistem otomatis yang mengirim email dengan tautan ke pengguna
untuk mengatur ulang kata sandi. Atau, permintaan otorisasi pembayaran dapat
dilakukan secara otomatis oleh sistem yang mengumpulkan dan memvalidasi data
pengguna yang penting.
Manfaat Menerapkan Perangkat Lunak
Manajemen Permintaan
Ketika jumlah permintaan dalam suatu organisasi meningkat,
menjadi lebih penting untuk menerapkan proses yang efektif dan konsisten untuk
menanganinya. Perangkat lunak manajemen permintaan layanan seperti Layanan
MotadataOps dapat membantu organisasi dengan menyediakan:
Kemudahan penggunaan dan Aksesibilitas: ServiceOps
menawarkan UI intuitif dan akses mudah di mana setiap pengguna dapat mengajukan
permintaan layanan tanpa memerlukan bantuan atau pelatihan sebelumnya.
Konsistensi dan Standardisasi: ServiceOps dapat
membantu mengembangkan proses standar untuk meningkatkan dan menyelesaikan
permintaan yang mengurangi kemungkinan kesenjangan informasi. Teknisi meja
layanan TI dapat berkonsentrasi pada operasi daripada mencari informasi yang
hilang yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Produktivitas: Manfaatkan otomatisasi bawaan atau
konfigurasikan aturan untuk mengotomatiskan tahapan dalam proses manajemen
layanan melalui ServiceOps untuk menghilangkan risiko kesalahan manusia dan
menjaga operasi tetap efisien.
Visibilitas: ServiceOps memungkinkan tim meja layanan
TI untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas status permintaan dan
mengenali kemungkinan kemacetan lebih cepat dengan proses yang seragam dan
informasi terpusat.
Otomatisasi: Permintaan layanan sering diteruskan ke
beberapa tim, mengakibatkan permintaan tertunda atau hilang. ServiceOps
menyediakan fitur alokasi tiket otomatis yang secara otomatis mengarahkan
permintaan ke tim terkait untuk memenuhi permintaan tepat waktu dan mencegah
tiket diabaikan.
Manajemen Permintaan Layanan dengan
Motadata ServiceOps
Manajemen permintaan layanan ITIL memiliki beberapa
keunggulan, termasuk layanan TI yang lebih efisien, skor CSAT yang lebih
tinggi, dan biaya operasional yang lebih rendah. Jika Anda ingin menghemat
waktu dan biaya, Anda perlu menerapkan perangkat lunak manajemen permintaan
layanan di organisasi Anda.
Motadata ServiceOps adalah perangkat lunak meja
layanan TI dengan semua alat yang diperlukan untuk menghasilkan, mengelola, dan
menyelesaikan tiket permintaan layanan Anda dengan cepat agar
pelanggan/pengguna Anda puas dan mengelola organisasi Anda dengan lebih
efektif. Anda dapat meminta demo hari ini untuk melihat bagaimana Motadata
ServiceOps dapat membantu upaya transformasi digital organisasi Anda!
Manajemen Permintaan Layanan vs Manajemen
Insiden: Apakah perbedaannya?
Manajemen permintaan layanan dan manajemen insiden
adalah dua ide berbeda yang terkadang membingungkan.
Sementara pengguna mengajukan permintaan layanan untuk
mendapatkan akses ke apa pun yang mungkin mereka perlukan untuk operasi rutin
mereka, insiden adalah kesalahan atau gangguan yang tidak terduga atau tidak
terduga dalam penyampaian layanan TI atau penurunan yang signifikan dalam
kualitas layanan TI—misalnya, penghentian server, laptop yang tidak mau hidup,
atau printer yang tidak berfungsi.
Manajemen permintaan layanan terdiri dari prosedur dan
teknologi yang diperlukan untuk mengelola permintaan layanan dari pengguna
internal dan eksternal. Di sisi lain, manajemen insiden difokuskan pada
pemulihan layanan setelah gangguan TI dengan waktu henti sesedikit mungkin.
Manajemen insiden menjamin sedikit hilangnya efisiensi dan produktivitas
organisasi sambil mempertahankan kualitas layanan.
Manajemen Permintaan Layanan vs Manajemen
Insiden: Apakah perbedaannya?
Manajemen permintaan layanan dan manajemen insiden
adalah dua ide berbeda yang terkadang membingungkan.
Sementara pengguna mengajukan permintaan layanan untuk
mendapatkan akses ke apa pun yang mungkin mereka perlukan untuk operasi rutin
mereka, insiden adalah kesalahan atau gangguan yang tidak terduga atau tidak
terduga dalam penyampaian layanan TI atau penurunan yang signifikan dalam
kualitas layanan TI—misalnya, penghentian server, laptop yang tidak mau hidup,
atau printer yang tidak berfungsi.
Manajemen permintaan layanan terdiri dari prosedur dan
teknologi yang diperlukan untuk mengelola permintaan layanan dari pengguna
internal dan eksternal. Di sisi lain, manajemen insiden difokuskan pada
pemulihan layanan setelah gangguan TI dengan waktu henti sesedikit mungkin.
Manajemen insiden menjamin sedikit hilangnya efisiensi dan produktivitas
organisasi sambil mempertahankan kualitas layanan.
Komentar
Posting Komentar