Konsep utama, proses perencanaan dan pengiriman layanan dari model bisnis waralaba

NAMA            : MUAHAMAD SYAHRUSSAUM NUGROHO

NPM/KELAS  : 10120680/2KA23

MAPEL           : Manajemen Layanan Sistem Informasi

TUGAS M9

                                          

                                             

Konsep utama, proses perencanaan dan pengiriman

layanan dari model bisnis waralaba

 

 

Konsep utama

Menurut International Franchise Associatio, franchise atau waralaba pada hakikatnya memiliki tiga elemen, yaitu merek, sistem bisnis, dan biaya.

a. merek , dalam setiap perjanjian waralaba, sang pewaralaba selaku pemilik dari sistem waralabanya memberikan lisensi kepada terwaralaba utnuk menggunakan merek dagang/jasa dan logo yang dimiliki oleh pewaralaba

b. sistem bisnis, keberhasilan dari suatu organisasi waralaba tergantung dari penerapan sistem / metode bisnis yang sama antara pewaralaba dan terwaralaba. Sistem bisnis tersenut berupa pedoman yang mencakup standarisasi produk, metode untuk mempersiapkan atau mengplah produk atau jasa , standar rupa, dan fasilitas bisnis

c. biaya (fees) , dalam setiao format bisnis waralaba, sang pewaralaba baik secara langsung atau tidak langsung menarik pembayaran dari terwaralaba atas penggunaan merek dan atas partisipasi dalam sistem waralaba yang dijalankan. Biaya biasanya terdiri atas biaya awal, biaya royalti, biaya jasa, biaya lisensi dan atau biaya pemasaran bersama. 

 

proses perencanaan 

Business plan atau rencana bisnis adalah sesuatu yang sangat krusial bagi setiap pengusaha. Bahkan, untuk setiap pengusaha baik level bawah atau level atas membutuhkan sebuah rencana bisnis untuk selalu meningkatkan omset penjualan serta untuk mengembangkan sayap atau hanya untuk bertahan. Terkadang, rencana bisnis atau strategi investasi juga digunakan untuk menyelamatkan suatu perusahaan. Oleh karenanya, bagi pebisnis level UKM, memiliki rencana bisnis juga merupakan sebuah keharusan.

Ada banyak fungsi atau manfaat dari membuat rencana bisnis untuk para pelaku usaha kelas UKM. Salah satu yang paling penting adalah dalam proses menjalankan usahanya akan selalu terarah menuju satu tujuan tertentu. Hal inilah yang membuat setiap perkembangan dalam sebuah perusahaan akan mudah terlihat serta terukur. Tanpa adanya rencana bisnis ini, langkah yang akan dilakukan tidak akan terarah dan bisa mengarah pada boros energi, dana serta waktu untuk hasil yang tidak seberapa.

Berikut beberapa tips atau langkah untuk membuat rencana bisnis setingkat UKM agar bisnis semakin terarah dan maju.

Pahami betul apa itu rencana bisnis

Jangan abaikan rencana bisnis walau hanya untuk bisnis setingkat UKM. Jangan anggap remeh dengan mengatakan semua perencanaan bisa diingat dan terekam di kepala. Jika Anda masih melakukan ini, maka Anda sudah mengarahkan bisnis Anda ke tujuan dimana bisnis tersebut tidak akan berkembang. Kenapa? Coba bayangkan, jika tiba-tiba ada seorang investor yang ingin memberikan dana suntikan untuk bisnis Anda, apa yang akan Anda jelaskan terkait rencana bisnis Anda? Jangan jawab tidak memiliki karena berarti Anda tidak serius menjalani bisnis. Investor akan kabur jika demikian adanya.

Tentukan tujuan yang terukur

Setelah Anda memahami betapa pentingnya rencana bisnis, langkah kedua adalah dengan membuat tujuan atau goal yang terukur. Terukur disini maksudnya dengan melihat segala potensi yang ada atau singkatnya tujuan yang secara rasional dapat diraih. Sebagai contoh, Anda bisa menentukan berapa besaran omset yang akan diraih di tahun ke berapa. Dengan begini, Anda akan selalu fokus untuk meraih tujuan bisnis Anda di tahun tertentu yang sudah Anda tulis. Anda juga akan terhindar dari hal-hal yang bersifat sia-sia.

Buatlah alat ukur guna mencapai tujuan

Jika sudah membuat goal atau tujuan, langkah selanjutnya yaitu membuat alat ukur. Alat ukur disini semacam perkembangan positif yang menunjukkan bahwa tujuan Anda sudah tercapai. Kuncinya adalah dengan membuat tujuan yang rasional. Anda bisa membuat alat ukur dengan melihat omset penjualan atau penghasilan periode sebelumnya dengan periode saat ini. Jika selisih omset antar bulan lalu dan bulan sekarang sebesar angka X, maka selanjutnya Anda bisa melihat bahwa potensi untuk mendapatkan nominal omset sebesar angka Y juga bisa tercapai.

Tulislah apa saja yang akan dilakukan untuk meraih tujuan

Setelah tujuang dibuat kemudian Anda juga mengetahui tolak ukur keberhasilan suatu tujuan itu tercapai, maka langkah selanjutnya adalah action yakni membuat sebuah list tentang hal apa saja yang harus dilakukan untuk meraih tujuan tersebut. Anda bisa melihat strategi yang sudah diterapkan pada bulan atau periode lalu untuk kemudian dikembangkan agar mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Ingat, buatlah hal yang akan dilakukan tersebut secara wajar. Artinya, hal tersebut bisa Anda lakukan.

Rencana kegiatan ini bisa juga dirinci dari tindakan perbulan menjadi per hari. Memang akan terlihat membosankan ketika setiap hari Anda selalu diingatkan dengan rencana bisnis Anda, tapi inilah bukti keseriusan Anda. Di awal berjalannya rencana bisnis, memang terlihat Anda seperti didikte oleh rencana Anda sendiri. Tapi, percayalah, disiplin yang tinggi akan mengahantarkan pada pintu gerbang kesuksesan. Hal ini dikarenakan setiap apa yang Anda lakukan terkait dengan bisnis Anda selalu mengarah pada tujuang yang hendak dicapai.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membuat rencana bisnis adalah dengan memberikan waktu luang untuk Anda santai, istirahat atau bahkan berlibur. Ini semacam reward untuk Anda sendiri yang sudah bekerja keras dalam sekian waktu membuat dan menjalan rencana bisnis termasuk juga strategi investasi. Tetaplah disiplin dan nikmati apa yang sudah Anda kerjakan di masa sekarang untuk masa depan.

 

Pengiriman layanan

Saat ini untuk bisnis dengan cara waralaba memang tidak hanya dipergunakan untuk pakaian atau kuliner saja. Namun untuk salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan dengan cara waralaba yaitu usaha ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Untuk bisnis usaha ekspedisi ini mungkin anda sudah sering menggunakan jasa tersebut.

Selain itu juga dengan cara-cara yang sudah tetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu yang mana pengirimannya juga meliputi pada area tertentu. Waralaba ini sudah bisa kita kita jumpai dimanapun dengan mudah.

Usaha ekspedisi ini merupakan sebuah usaha yang menyediakan atau memberikan layanan jasa pengiriman. Entah itu untuk barang maupun dokumen di berbagai macam tempat. Saat ini sudah banyak pihak yang akan membutuhkan jasa pengiriman tersebut, baik itu dari perseorangan bahkan perusahaan juga sangat membutuhkannya. Peluang yang terbuka ini juga terbuka sangat lebar pastinya akan sangat menguntungkan apabila anda mempunyai niat untuk menjalani usaha ekspedisi ini.

Salah satu perusahaan yang mempunyai dan juga menawarkan program kemitraan untuk siapa saja yang ingin mencoba memulai usaha atau berbisnis adalah Mas Cargo Express. Mas Cargo Express yang merupakan alah satu produk ekslusif yang akan memberikan kesempatan kepada siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk bisa mengelola Mas Cargo Express dan memiliki kesempatan sangat besar untuk menikmati bisnis yang paling menguntungkan ini.

Sebab, Mas Cargo Express merupakan jasa ekspedisi barang yang akan memberikan pelayanan pengiriman barang dengan estimasi waktu yang cepat dan tepat. Kami selalu menyediakan produk jasa pengiriman barang yang mengutamakan kepuasan para customer kami.

Beraneka ragan jasa pengiriman yang ada di Mas Cargo Express bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga tempat tujuan yang ingin anda tuju. Mas Cargo Express termasuk jasa pengiriman barang dan juga waralaba jasa pengiriman di Indonesia yang telah terpercaya dan menguntungkan.

Jadi, jangan sampai anda semua hanya melihat keuntungan atau prospeknya tanpa terlebih dahulu memperhatikan mengenai pembagian keuntungan dengan pemilik usaha.

Hal tersebut memang sangatlah penting untuk anda semua lakukan supaya risiko pada usaha waralaba dapat diminimalisasi sebaik mungkin. Kemudian juga bisa dilakukan tanpa adanya kesalahpahaman antara anda sebagai investor dengan perusahaan jasa pengiriman barang/ ekspedisi yang menyediakan program waralaba.


sumber :  

https://marioandi.blogspot.com/2017/11/konsep-dasar-bisnis-waralaba.html

https://koinworks.com/blog/cara-membuat-business-plan-untuk-ukm/

https://www.mascargoexpress.com/waralaba-jasa-pengiriman/

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Manajemen hubungan pelanggan dan Manajemen hubungan pemasok

"Manajemen insiden dan permintaan layanan"