Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan

 

NAMA            : MUAHAMAD SYAHRUSSAUM NUGROHO

NPM/KELAS  : 10120680/2KA23

MAPEL           : Manajemen Layanan Sistem Informasi

TUGAS M4

Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan

Layanan adalah suatu perbuatan atau penampilan yang dapat ditawarkan oleh suatu partai kepada yang lain yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Ini mungkin atau mungkin tidak diikat pada suatu produk fisik.

1.     Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha pada kegiatan yang sifatnya jasa. Peranannya akan lebih besar dan menentukan jika pada kegiatan jasa tersebut kompetisi (persaingan) cukup ketat dalam upaya merebut pangsa pasar atau pelanggan. Sehingga dalam kondisi persaingan yang cukup ketat tersebut, setiap perusahaan mampu memberikan pelayanan yang bermutu untuk mempertahankan anggota yang sudah setia dengan perusahaan.

 Pengertian layanan atau pelayanan secara umum, menurut Purwadarminta adalah menyediakan segala apa yang dibutuhkan orang lain.

2.     Sedangkan menurut Tjiptono definisi layanan adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan kepada anggota yang telah membeli produknya.

3.     Pada saat sekarang ini, pengertian layanan tidak terbatas pada distribusi fisik saja, bahkan sudah menjadi bentuk usaha yang sangat banyak ragamnya serta sangat dibutuhkan pada masyarakat modern ini.

Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan

Service portfolio management merupakan proses pengelolaan layanan, untuk memastikan bahwa penyedia layanan memiliki pengelolaan yang tepat serta memastikan layanan telah didefinisikan secara jelas.

Tujuan dari manajemen portofolio layanan (SPM) adalah untuk memastikan bahwa keputusan untuk berinvestasi dalam layanan IT yang sehat dan sepenuhnya selaras dengan kebutuhan dan prioritas bisnis. Setelah keputusan dibuat untuk berinvestasi, investasi harus dikelola melalui siklus hidup, dan SPM tujuan di sini adalah untuk memastikan bahwa investasi memberikan nilai optimal bagi organisasi. Sebagai sistem pendukung manajemen, portofolio layanan memungkinkan organisasi untuk menjawab pertanyaan strategis tentang layanan, pelanggan dan harga, serta membantu mengatur prioritas dan alokasi rencana sumber daya.

Pada saat layanan siap untuk pengiriman operasional, isi penuh dari portofolio layanan harus mencakup:

-nama layanan

-deskripsi layanan

-status layanan

-klasifikasi layanan dan kekritisan

-aplikasi yang digunakan

-Data dan / atau data skema yang digunakan

-proses bisnis yang didukung

-pemilik bisnis

-pengguna bisnis

-pemilik IT

-referensi tingkat layanan garansi, SLA dan SLR

-jasa pendukung

-mendukung sumber daya

-layanan tergantung

-mendukung Olas, kontrak dan perjanjian

-Biaya jasa

-biaya pelayanan (jika ada)

-pendapatan layanan (jika ada)

-layanan metrik. Dalam rangka untuk mengelola dan memahami informasi, portofolio layanan dipisahkan secara konseptual, dan sering secara fisik, menjadi tiga komponen yang terpisah

-Pipa layanan, yang meliputi jasa yang belum pindah ke dalam operasi

-Pensiunan layanan, yang meliputi informasi mengenai layanan yang telah diambil dari penggunaan operasional dan yang dianggap nilai untuk mempertahankan informasi tentang mereka

-Di sela ini adalah layanan yang operasional dan memberikan kepada pelanggan. Layanan ini dilindungi oleh katalog layanan, yang dijelaskan secara lebih rinci dalam Bab 12 tentang pengelolaan katalog layanan.

 

1. Spesifikasi Layanan

Suatu perusahaan mulai banyak membutuhkan IT sebagai penyedia layanan, semakin penting untuk memperhatikan tingkat kebaikan dan kualitas layanan, jika layanan IT ingin dikelola secara efektif, harus memperhatikan langkah - langkah yang akan diterapkan untuk memmastikan bahwa kinerja yang sebelumnya telah sepakat untuk di toleransi.

2. Model Bisnis

Model bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan. Dalam model bisnis ini ada beberapa keuntungan diantaranya :

·       membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi terkait bagaimana,dimana, dan kapan produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal

·       model bisnis yang baik akan melemahkan kompetitor

·       merubah kompetitor menjadi sekutu

 

referensi:

https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2121/4/BAB_II.pdf

https://adrivit.wordpress.com/2016/06/25/10-layanan-manajemen-portofolio/

https://kraosfredom.blogspot.com/2020/04/spesifikasi-layanan-dan-model-bisnis.html

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Manajemen hubungan pelanggan dan Manajemen hubungan pemasok

"Manajemen insiden dan permintaan layanan"